Singing Hatsune Miku Singing Hatsune Miku

Rabu, 16 Desember 2015

Beberapa Pandangan/Anggapan SALAH Orang Orang Yang Belum Pernah Menonton Anime Gintama

Belum Pernah Menonton Anime Gintama Dan Beranggapan Kalau Gintama Itu Anime Komedi gak Jelas? Silahkan Baca Artikel ini, dijamin pandangan kamu tentang Gintama Akan Berubah 180 Derajat!

Gintama adalah sebuah seri manga yang dikarang oleh Sorachi Hideaki-sensei sejak tahun 2003 dan diterbitkan oleh Weekly Shounen Jump, sebuah majalah yang merupakan anak dari Shueisha yang dikenal dengan menerbitkan banyak manga populer seperti Naruto Shippuden, One Piece, Toriko, Nisekoi, Ansatsu Kyoushitsu, Shokugeki no Souma, Hunter x Hunter dan masih banyak manga populer lainnya. Anime Gintama Dibagi menjadi 3 Musim, musim pertama dan kedua dirpoduksi oleh Sunrise dan pada musim ketiga, produksi anime Gintama dipindahkan ke Bandai Namco Pictures, yang juga merupakan sesama anak perusahaan Bandai Namco Entertainment, sama seperti Sunrise

Dari sekian banyak orang termasuk saya, pasti akan berfikiran seperti ini jika belum menonton Gintama :

Q: “Vroh, Gimana Sih Cerita Anime Gintama?”

A: “Gintama cuma anime Komedi ngaco , tujuannya gak jelas plus cuma ngandelin parody dari anime anime populer aja.”

Dan itulah pemikiran orang orang tentang anime gintama jika belum menonton animenya, namun setelah menonton animenya, Dijamin pemikiran anda akan berubah dan membuang jauh jauh anggapan tersebut.

Alasan banyak orang males menonton anime yang satu ini adalah karena episodenya yang terlalu banyak, selain itu ada beberapa anggapan salah orang orang terkait anime Gintama.
Untuk memperbaiki anggapan-anggapan salah tersebut, tidak ada salahnya anda membaca artikel ini.

1. Poin pertama adalah batasan parodi yang dilakukan di Anime Gintama.

Umumnya, orang orang yang belum pernah menonton Gintama pasti berfikiran bahwa Gintama itu memparodikan semua seri populer tanpa pandang bulu, “asalkan animenya bisa jadi populer curi aja ide ide dari seri populer lainya!”

 
Namun anggapan itu salah besar. Perlu anda ketahui bahwa Gintama hanya memparodikan seri manga tertentu saja, dimana karena Gintama diserialisasikan di Weekly Shounen Jump, Gintama diberikan perlakuan khusus untuk memparodikan manga yang diserialisasikan di Weekly Shounen Jump, seperti Naruto, One Piece, Toriko, dll tanpa harus terkena tuntutan pelanggaran hak cipta. Karena sampai saat ini, saya sangat jarang melihat Gintama memparodikan manga yang berasal dari perusahaan penerbit majalah manga lainnya. Sebagai contoh, saya tidak pernah melihat Gintama memparodikan manga Fairy Tail, yang merupakan sebuah manga yang diterbitkan oleh Majalah Weekly Shounen yang merupakan milik Kodansha.


Walaupun begitu, ada beberapa episode dimana Gintama memparodikan seri yang tidak ada hubungannya dengan manga yang diterbitkan oleh Weekly Shounen Jump, seperti memparodikan Gundam Mobile Suit pada saat Renho Arc, namun alasan kenapa Gintama berani memparodikan Gintama Mobile Suit adalah karena Gundam Mobile Suit itu adalah sebuah anime yang dibuat di Sunrise, jadi walaupun ada pelanggaran hak cipta, tuntutan-nya tidak akan jauh jauh.


Hanya saja, ada 1 Episode dimana Gintama benar benar nekad memparodikan Saint Saiya Omega, yang merupakan sebuah anime yang diproduksi oleh TOEI Animation, di akhir episode, diperlihatkan cuplikan kalau para staff di Bandai Namco Pictures ditelfon oleh Lembaga Hak Cipta Oedo.


Gintama Parody To Love Ru

Gintama Parody K-On!

Gintama Crossover Sket Dance




   
Gintama Parody Saint Seiya


2. Gintama Hanya Sekedar Anime Komedi Gak Jelas? Tentu Saja Tidak!

Satu lagi anggapan salah banyak orang terkait anime Gintama, yaitu Komedi gak jelas tanpa tujuan cerita yang pasti , alias ngawur ceritanya!.
Pada kenyataanya, Gintama itu adalah sebuah seri yang banyak pertempuran, komedi hanyalah sebuah penenang suasana ketika sebuah Arc yang sangat serius seperti Arc 4 Devas of Kabuki District, Arc Kintoki, Arc Benizakura, Arc Shinsengumi Crisis, Arc Okita Mitsuba, Arc Yowshiwara, Ikkoku Keisei Arc,Shogun Ansatsu Arc, dan masih banyak lainnya.


 
Pada Arc tersebut, karakter karakter utama di anime ini, seperti Kagura, Sinpachi, terutama Gintoki selalu terlibat dalam sebuah pertarungan antara hidup dan mati.

Gintama memiliki sebuah cerita utama, yaitu kisah Gintoki disaat masih menjadi pejuang Jouishishi, dia memiliki seorang guru yang bernama Shiyou, dan gurunya tersebut dibunuh dengan alasan yang menjadi sebuah misteri. Disaat masih menjadi pejuang Joushishi, Gintoki memiliki beberapa teman, yaitu Katsura Koutarou, Sakamoto Tatsuma, Kurokono tasuke (wajah sepenuhnya tidak pernah diperlihatkan) dan Takasugi Shinsuke. Dan sampai saat ini, yang selalu menjadi pembuat masalah adalah Takasugi, dimana ia memiliki tujuan untuk menghancurkan segalanya, dan disana selalu ada Gintoki yang selalu menghentikannya

3. Karakter-Karakter di Gintama itu Terinspirasi Dari Tokoh Historial

Pasti banyak orang disini yang sudah mengetahui kalau karakter karakter di seri manga gintama itu terinspirasi dari karakter karakter yang berasal dari tokoh tokoh sejarah sebagai jepang, bahkan sampai lembaga lembaga yang terdapat di Gintama-pun diadaptasi dari sejarah di jepang.
 

Sebagai contoh salah satu kepolisian di Edo, yaitu Shinshengumi itu memang benar ada di sejarah di jepang.

Contoh lainnya adalah karakter karakter seperti Sakata Gintoki (Kintarou) , Shimura Shinpachi (Nagakura Shinpachi), Kondou Isao (Kondo Isami), Hijikata Toushirou (Hijikata Toshizou), Okita Souji (Okita Sougo), Katsura Koutarou  (Katsura Kogoro), Yamazaki Sagaru (Yamazaki Susumu), dan masih banyak lainnya

4. Cerita Yang 100% Epic

Jika Anda sudah menonton anime gintama, anda akan merasakan sendiri sensasi dari anime yang diangkat dari manga karangan Sorachi Hideaki-sensei ini.


Hanya di gintama anda dapat menemui karakter maskot yang sebenarnya adalah om-om yang bercostum makhluk aneh, karakter utama yang hanya memiliki hobi membaca Jump , ninja elit yang bekerja sebagai pengantar pizza, game galge yang bertujuan untuk menaklukan heroine dengan jalan ceritanya sangat tidak masuk akal (silahkan tonton episode 99), anime dimana test*s bisa dijadikan pertarungan dan berakhir pecah begitu saja, alien yang akan merubah dirimu menjadi obeng +/-, perjalanan seorang pria ke luar angkasa hanya untuk merokok,dan episode paling seru adalah dimana setiap ada shogun selalu episode lucu kecuali untuk Shogun Ansatsu arc.
 
Episode 99 Gintama, Game Galge dengan alur yang tidak masuk akal

Dibandingkan anime harem-mainstream yang bertebaran saat, gintama puluhan kali lebih menarik. Anda tidak akan bosan menonton anime yang satu ini walaupun anda sudah re-watch berkali kali.

5. Mangaka Yang Menggambarkan Dirinya sebagai Gorilla
Ini juga salah satu keunikan dari anime gintama, yaitu pengarang manganya, yang tak lain adalah Sorachi Hideaki menggambarkan dirinya kedalam manga yang dibuatnya, baik di manga ataupun anime, Sorachi Hideaki digambarkan sebagai seorang gorila.


Penampilan gorilla yang merupakan perwujudan Hideaki-sensei ini terlihat menggunakan sebuah kaos yang bertuliskan kanji 俺, yang artinya Ore atau Aku.
 Keberadaan Gorilla ini tidak diabaikan begitu saja, pada episode pertama Character Poll Arc, terlihat gorila ini menempati peringkat 15 yang mengalahkan karakter Sarutobi Ayame, Sadaharu, Catherine yang lebih sering muncul daripada Sorachi Hideaki. Dalam Arc tersebut, karena merasa kesal, Shimura Tae menghampiri dan menghajar Sorachi Hideaki yang membuat kualitas anime menjadi tak beraturan.

Dari sekian banyak mangaka, mungkin hanya Sorachi Hideaki-lah yang melakukan hal ini. Sorachi Sensei sebenarnya dia memang seorang mangaka yang sangat jenius dan kakkoii dia memiliki banyak ide untuk membuat lawakkan Sorachi sensei juga seorang otaku karena dia tau banyak sekali anime Sugoii >.<

6. Gintama Itu Terkadang Dapat Menjadi Anime Sedih

Jika Komedi anda pastinya tau, namun bagi yang belum pernah menonton anime yang satu ini, anda pasti tidak akan tau betapa sedihnya anime ini.


Kisah Gintoki yang dimulai sejak dia dipungut oleh Shouyo, yang akan kemudian menjadi gurunya, namun karena alasan tertentu, Shouyo dicap sebagai orang yang berbahaya dan akhirnya berakhir dengan sebuah pemenggalan. Sebelum dipenggal, Shouyo membuat janji dengan Gintoki agar Gintoki melindungi teman temannya.
Kemudian Gintoki menjadi seorang pejuang joi, bersama teman temannya, dia melindungi edo dari campur tangan Amanto, sebutan untuk makhluk asing di anime ini. Namun setelah bertahun tahun berperang dan kehilangan banyak temannya, gintoki akhirnya memutuskan berhenti menjadi pejuang joi, dan menjadi seperti saat ini, pria tua + pengangguran, cerita tak sampai disitu, walaupun berhenti menjadi seorang Joi, gintoki terlibat kedalam beberapa insiden, yang dalam insiden tersebut dapat membuat penontonnya terharu.


Adapun Arc yang dapat membuat terharu adalah Arc Kintama, dimana sebuah robot bernama Kintoki yang dibuat berdasarkan karakteristik Gintoki dibuat, dan merupakan versi sempurna dari Gintoki. Walaupun merasa ditinggalkan oleh teman temannya karena mereka mengalami pencucian otak, Gintoki tetap berjuang untuk mendapatkan kembali “Kenangan selama 60 DVD”, walaupun sendirian, pencucian otak tidak mempengaruhi anjing dan robot, maka dari itu hanya terdapat 2 orang yang masih mengingat gintoki, bertiga, mereka berjuang untuk mengembalikan ingatan orang orang yang telah dicuci.


Pada klimaks cerita, satu per satu teman dekat Gintoki mulai menyadari ada sesuatu yang salah, dan mengingat gintoki kembali, disaat sudah mendapatkan ingatan mereka kembali, kintoki datang untuk mencuci ingatan orang orang, namun cara itu sudah tidak mempan lagi, karena ikatan mereka bersama gintoki kuat, disaat terakhir untuk menghindari ledakan pencucian otak dalam skala besar, gintoki mengorbankan dirinya dan melakukan seppuku untuk menghentikan kintoki, walaupun dia berakhir selamat.


Selain Arc Kintama, masih ada beberapa arc lainnya yang tak kalah mengharukan, seperti Arc Yoshiwara, ArcBeam Sword Style,Mitsuba arc, dan beberapa arc lainnya. Selengkapnya silahkan tonton animenya saja :)

7. Pure-Action, No Special Move/Hissatsu Waza (必殺 技)

Seperti yang anda tau, Gintama tidak memiliki yang namanya Special Move/Hissatsu Waza/ Jurus Pamungkas, secara keseluruhan dalam dunia gintama para karakternya bertarung menggunakan pedang, maka dari itu semuanya tergantung dari gerakan-gerakan dinamis yang dibuat oleh mangaka (untuk manga) dan animator (untuk anime) untuk menentukan kualitas action-nya.


Jika biasanya anda dapat menemui jurus jurus seperti Spirit Bomb (Genki-dama) di Dragon Ball, gerakan pengakhiran Ultraman, Stand di JoJo’s Bizarre, Rasengan di Naruto, yang biasanya menjadi sebuah gerakan akhir dalam menumbangkan lawan, maka anda tidak akan menemui hal clise seperti itu di gintama iyalah karena mereka samurai :v

Di sebuah episode di Gintama, disebutkan bahwa Gintama tidak cocok menggunakan Special Move, karena dari awal gintama diperkenalkan, para karakternya hanya menggunakan pedang saja untuk bertarung. Inilah alasan kenapa Bandai Namco tidak mau membuatkan Gintama adaptasi Game.

8. Jika sudah Mulai Serius, Seriusnya Gak Nanggung Nangggung

Ketika waktunya ketawa ketawa, gokilnya gak nanggung nanggung. Begitupula disat seriusnya.


Gintama adalah sebuah anime yang dasarnya adalah sebuah anime action, dan tidak sedikit Arc Arc di Gintama yang pertarungannya bocor bocor, seperti yang ditayangkan dalam Arc Gintama saat ini, yaitu Arc Shogun Assassination. Dalam arc ini, berpusat pada para pemberontak yang ingin membunuh shogun untuk menguasai Edo.
Dalam Arc yang disebut sebagai Arc yang paling serius ini, akan ada beberapa karakter yang akan mati.


Sebelum Arc ini, masih banyak arc yang serius lainnya.

9. BONUS [Dekoboko Arc]- From Old Man to Cute Girl

Pada Arc ini, kita akan melihat karakter-karakter di anime gintama mengalami Gender Bender, cwe jadi cwo, dan cwo jadi cwe.


Melihat Gintoki, Kondo, Sougo dan Hijikata berubah jadi cewe Kirei >.<


Apalagi Jyubei, Tsukuyo, Sacchan, Kagura juga Kakkoii >///<

13 komentar:

  1. Ane dah nonton dari episode satu sampai 280, yang paling lucu si cuma episide yg orang muka serem di episode 40-an yang di kepalanya ada bunga... sisanya ya spontan aja lucunya... coba deh ente nonton one piece... nga bakal nyesel...

    BalasHapus
  2. Respect gan gw jg ngikut nih anime dr eps 1, banyak life advise yg bisa diambil dr nih anime terutama story yg menceritakan jalan hidup MADAO. Gk kayak anime skrg yg lebih mentingin graphic quality, Gintama selalu nampilkan storyline yg seger & bermutu. Eps paling best menurut gw Arc Pembunuhan Sho-chan gw ampe ngefeels di bagian endingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sedih banget kisah hidupnya madao apalagi episode 95

      Hapus
  3. Ane kagak bisa milih yg mana min, cz terlalu banyak scene bagus & menurutku semua episode nya buagus2 , ane bisa ngakak tengah malam sampe mules (cz biasanya ane nonton malem2 :D ), & pdhl ane tuh cowok tulen yg gk bisa nangis Tapi pecah bendungan ane cntohnya pas ane nonton perang 4 dewa kabukichou tuh, kadang juga bs berasa nnton romcom kalo adegan ginsan sama tsukuyo ( waifu fav. Ane di gintama :D ), kadang berasa nnton anime detektif, trus bisa nnton idol otsu chan... Waduhh banyaklah pokoknya , fightingnya juga greget banget, lebih berat cz gk pake special attack, asli kyk kmampuan sndri gt lah, jd berasa bgt berjuangnya. Ane nonton sampe eps 320, misteri yoshida shouyo dipenggal uda terjawab min. Gk sabar nunggu season terbarunya lagi, ane belum puas ama pertarungan gintoki vs kamui cz mnurut ane dua2nya msh menahan diri, Moga lanjut terus gintama,,

    BalasHapus
  4. Setuju dah gintama is the best emang, dari segi comedy, action, sedih, haru, gue gapernah sesayang ini sama karakter2nya, mereka lovable banget. Gw paling suka sih movie kedua yorozuya no eien nare

    BalasHapus
  5. klo ane sih udah 4 orang yg ane ajak nonton.. awalny mereka bilang gak ad yg seruny... gak jelas.. tpi ane suruh aja nnton terus.. eh tauny nanya season baru udah keluar apa belum... wktu itu arc pertempuran di rakuyo yg baru keluar... klo skrang mah arc final
    sedih jg klo gintama bakal selesai :`(

    BalasHapus
  6. komedi gintama menembus batas dan melampauinya

    BalasHapus
  7. Gintama itu anime yang paling kocak, kdng" bikin sakit perut kdng" bikin baper 😣 gatau knp disaat orang bilang "gintama apaan sih gajelas parody doang" gua setiap nonton arc yang serius tersentuh ama cerita nya 😂 anime ini tuh beda dari yang lain Karena setiap kata" gintoki di pertarungan mau itu tentang ikatan persahabatan atau melindungi orang yang berharga bagi dia itu kata gua dia Keren banget gitu kadang" gua sampe nangis gara" hati gw tersentuh

    BalasHapus
  8. Arc Barber di episode 151-152 bikin gw ketawa ampe nangis, sangking lucunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumpah itu salah satu episode terkocak 🤣🤣

      Hapus
  9. Min yg gw agak bingung sih maksud dri sindirannya gintama ke movie k-on di movie 2 gintama tuh gk ngerti gw, yg katanya ada pembagian merchandise yg bisa didapat cuma saat menonton movie k-on 3 kali klo gk salah nah disitu gintama ngeparodyin k-on kan, bisa jelasin gk mksd dri sindirannya itu

    BalasHapus

About Me | Privacy Policy | Terms of Use | Contact Us
© 2016 Shiroyashatama by Blogger